Prinsip Animasi
Ada yang tau prinsip animasi apa aja? Kalau belum tau, yuk mari kita bahas
1. EXAGGERATION
Exaggeration adalah upaya untuk mendramatisir sebuah animasi dalam bentuk rekayasa gambar yang bersifat hiperbolis.
2. TIMING
Timing adalah prinsip terpenting di dalam animasi. Timing menentukan berapa gambar yang harus kita buat di antara 2 pose atau yang biasa kita sebut dengan istilah in-between.
3. SECONDARY ACTION
Secondary action adalah prinsip dimana ada gerakan sekunder yang terjadi akibat adanya gerakan utama.
4. ARCH
Arch ini akan membuat gerakan animasi kita menjadi lebih alami, khususnya untuk gerakan manusia dan hewan.
5. SLOW IN AND SLOW OUT
Slow In and Slow Out menegaskan kembali bahwa setiap gerakan memiliki percepatan atau perlambatan yang berbeda-beda.
6. FOLLOW THROUGH AND OVERL APPING ACTION
Follow Through adalah tentang bagian tubuh tertentu yang tetap bergerak meskipun seseorang telah berhenti bergerak. Misalnya, rambut yang tetap bergerak sesaat.
7. POSE TO POSE
Pose to Pose, yaitu pembuatan animasi oleh seorang animator dengan cara menggambar hanya pada keyframe-keyframe tertentu saja. Selanjutnya in-between atau internal antar keyframe digambar/ dilanjutkan oleh asisten/ animator lain.
8. STRAIGHT AHEAD AND POSE TO POSE
Straight Ahead Action, yaitu membuat animasi dengan cara seorang animator menggambar satu per satu, frame by frame, dari awal sampai selesai seorang diri. Teknik ini memiliki kelebihan yaitu kualitas gambar yang konsisten karena dikerjakan oleh satu orang saja.
9. STAGING
Di dalam mengaplikasikan prinsip animasi ini, bayangkanlah bahwa setiap gambar dalam animasi kita itu adalah sebuah penampilan di panggung yang mana kita sebagai directornya harus memastikan bahwa ide cerita dari setiap detail penampilan harus tersampaikan dengan sempurna pada para penonton.
10. ANTICIPATION
Sebuah prinsip animasi dimana kita sebagai animator memberikan tanda pada penonton mengenai apa yang akan dilakukan oleh si karakter.
11. SQUASH AND STRETCH
Sebuah prinsip yang digunakan untuk membuat ilusi seberapa keras permukaan sebuah benda.
12. SOLID DRAWING
Menggambar sebagai dasar utama animasi memegang peranan yang signifikan dalam menentukan baik proses maupun hasil sebuah animasi, terutama animasi klasik.
Komentar
Posting Komentar